Headlines News :
Home » » Serambi Islami: Kedudukan Tasawuf dalam Islam

Serambi Islami: Kedudukan Tasawuf dalam Islam

Written By Saimin Satoto on Minggu, 16 Oktober 2016 | 09.12.00

al-idrisiyyah.com | TVRI Nasional menghadirkan Mursyid Al-Idrisiyyah, Syekh Muhammad Fathurahman, M.Ag sebagai pemateri di acara Serambi Islam pada hari Jum'at (14/10/2016) yang bertepatan dengan 13 Muharram 1438 H, dan disiarkan secara langsung dari studio 7, gedung pusat produksi siaran TVRI di Jakarta. 


Tiba 2 jam sebelum acara dimulai, jamaah Al-Idrisiyyah dari Zawiyah Cabang Utama Jakarta melaksanakan sholat subuh di studio, hal ini dimaksudkan agar tidak telat dalam menghadiri acara Serambi Islami tersebut.

Syekh membawakan kajian yang termasuk jarang disampaikan oleh pengisi acara Serambi Islami sebelumnya, yaitu kajian mengenai ilmu tasawuf, yang pada kesempatan tersebut mengambil tema Kedudukan Tasawuf dalam Islam.

Kajian dimulai dengan menceritakan sebuah kisah di zaman Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam tentang kedatangan seorang lelaki tampan yang menanyakan tentang Iman, Islam dan Ihsan, dan ternyata lelaki yang datang tersebut adalah malaikat Jibril Alaihi Salam yang ingin memberikan pelajaran kepada para sahabat tentang Iman, Islam dan Ihsan. 

Syekh menjelaskan bahwa setelah Nabi tawafa, ada sebagian ulama yang hanya konsen terhadap islam, sehingga muncullah disiplin ilmu fiqih. Sebagian ulama lagi ada yang konsen terhadap iman, maka munculah disiplin ilmu tauhid. Ada pula ulama yang fokus terhadap ihsan maka munculah disiplin ilmu tasawuf. 

Iman, Islam dan Ihsan atau Tauhid, Fiqih dan Tasawuf dikenal sebagai rukun Agama. Ketiga disiplin ilmu tersebut menurut Syekh harus tepadu, sehingga apabila hilang satu maka agama tidak akan berdiri tegak.

Menurut ustadz Luqmana selaku Sekretaris Pribadi Syekh, kajian tasawuf di acara Serambi Islami akan dibuat tematik berkelanjutan. "Insya Allah, materi disampaikan tematis berkelanjutan hingga bulan berikutnya", ungkap ustadz Luqmana. | (jibal)

Sumber: http://www.al-idrisiyyah.com/read/article/902/serambi-islami-kedudukan-tasawuf-dalam-islam
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog Al-Idrisiyyah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger