Headlines News :
Home » , » Al-Idrisiyyah Bangun Masjid Rp 16 Miliar

Al-Idrisiyyah Bangun Masjid Rp 16 Miliar

Written By Unknown on Rabu, 15 Januari 2014 | 09.29.00

CISAYONG – Pondok pesantren Al-Idrisiyyah di Pagendingan Kecamatan Cisayong tengah membangun Masjid Agung Al-Fattah pada Minggu (12/1). Pembangunan masjid yang diperkirakan akan menghabiskan Rp 16 miliar ini di targetkan selesai kurang dari dua tahun. Sejumlah pejabat di antaranya Bupati Tasikmalaya H Uu Ruzhanul Ulum dan Walikota Tasikmalaya, H Budi Budiman pun berkesempatan meletakan batu pertama untuk mengawali pembangunan dua hari lalu itu.

Mursyid Ponpes Al-Idrisiyyah Syekh Muhammad Fathurrahman M.Ag mengatakan Masjid Agung ini di rencanakan berukuran 33 x 33 meter dan berlantai 3. Pembangunan masjid tersebut tidak lain untuk memberikan kenyamanan bagi para santri dan juga masyarakat yang akan menjalankan ibadahnya. Selama peruses perluasan masjid , santri atau masyarakat yang tidak bisa beribadah didala, ditempatkan dulu di tenda di area masjid.”Dengan tenda, karena tidak cukup untuk semua jamaah,” ungkapnya.

Masjid yang bisa digunakan, tambah dia, hanya berukuran 20 x 20 meter. Untuk arsitektur masjid sendri, terang dia, mengacu kepada bangunan Masjid Nabawi Madinah yang didirikan oleh Rasullah Muhammad SAW . sedangkan nama Al-Fattah akan terus dipakai sebagai bentuk penghargaan kepada syekh Abdul Fattah yang merupakan ulama yang mendirikan pondok Pesantren Al-Idrisiyyah pada tahun 1932 di Cidahu yang kemudian dipindahkan ke lokasi saat ini pada tahun 1947 dengan lahan seluas 6 hektar. “Di semua Pondok Pesantren Al-Idrisiyyah semua masjidnya sama dinamai Al-Fattah,” jelasnya.

Sementara, untuk bangunan masjid yang lama, terang dia, akan dialihfungsikan menjadi perguruan tinggi (PT). Satu tahun lalu pihaknya sudah mengajukan izin oprasional untuk PT. Namun saat ini masih di berlakukan moratorium oleh Dinas Pendidikan (Disdik). Rencananya, Disdik pada Juni mendatang akan mencabut moratoriumnya. Rencananya, terang dia, di PT ini akan membuka Fakultas ekonomi dengan 3 jurusan . Yaitu akuntansi, managemen dan perbankan Islam. Dipilihnya ekonomi sebagai Fakultas yang pertama dibuka, karena ilmu dari 3 jurusan tersebut saat ini sebagai ilmu yang paling dibutuhkan untuk umat.

Ditambah lagi Ponpes Al-Idrisiyyah mengelola sejumlah minimarket yang tentunya bisa menjadi sarana yang efektif. “Kita sudah bisa mengelola empat minimarket,” ujarnya. Bupati Tasikmalaya H. Uu Ruzhanul ulum mengatakan mendukung dan bangga kepada Ponpes Al-Idrisiyyah yang membangun masjid tersebut.”Membantu pemerintah dalam membangun kemanusiaan seutuhnya,” ujarnya.
Sumber: Radar Tasikmalaya

Sumber : http://www.al-idrisiyyah.com/read/article/452/al-idrisiyyah-bangun-masjid-rp-16-miliar
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog alidrisiyyah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger