Headlines News :
Home » » Hikmah dibalik sakitnya Ustadz Jalaludin

Hikmah dibalik sakitnya Ustadz Jalaludin

Written By Saimin Satoto on Senin, 22 Agustus 2016 | 06.54.00

al-idrisiyyah.com | Tasikmalaya - Pada Pengajian Arbain hari Ahad (21/08/2016) yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Idrisiyyah, Syekh Muhammad Fathurahman, M.Ag, menerangkan mengenai hikmah dibalik sakit yang dialami oleh Ustadz Jalal (nama panggilan Ustadz Jalaludin).

Pengajian Arbain di Masjid Al-Fattah
Arbain 21/08/2016

Syekh menerangkan bagaimana sosok sang ustadz ini sebagai orang yang tidak pernah absen kalau mengajar santri dan dia adalah sosok yang telah dikenal oleh masyarakat sekitar Pesantren sebagai ustadz yang senantiasa melayani masyarakat mulai dari urusan kelahiran sampai urusan kematian. "Bahkan sebelum kelahiranpun, dia selalu hadir dalam acara selamatan empat bulanan," ungkap Syekh menjelaskan sosok ustadz Jalal.
Pada hari Jum'at (19/08/2016) Syekh beserta beberapa pengurus mendatangai kediaman Ustadz Jalal untuk melihat kondisinya yang sudah sebulanan tidak dapat beraktivitas setelah mengalami kecelakaan.

Bukti amalan dhohir ada batasnya adalah ketika seseorang mengalami sakit seperti yang dialami ustadz Jalal, dia tidak bisa mengajar, melayani masyarakat serta sholat berjamaah yang tidak pernah dilewatkannya. Sedangkan amalan batin (’amal al qalb) tidak terbatas, yaitu faqir ilallah, syukur, sabar, tawakal, zuhud, ridla dan lainnya. 
Ibadah lahir pun tidak bisa ditambah atau dikurang, sudah ditentukan ukurannya menurut aturan.

Ketika fisik seseorang mengalami sakit, sebenarnya Allah sedang mengajarkan dirinya dalam meningkatkan amal-amal batin berupa sabar, tawakkal, merasa butuh kepada Allah, ingat kematian (zikrul maut), dan sebagainya.  "Mau tidak bersabar dengan kondisi yang ada, bisakah menerima takdir yang diberikan Allah," ungkap Syekh kepada jemaah yang hadir.
"Jadi mendingan sehat atau sakit?" tanya Syekh memancing para jemaah untuk berfikir dan meresapi pelajaran dibalik sakit yang diberikan oleh Allah.

Inilah hikmah dibalik sakitnya Ustadz Jalal yang disampaikan oleh Syekh Muhammad Fathurahman. Musibah yang dialami lewat bimbingan seorang mursyid dapat menjadi karunia atau nikmat yang termasuk bagian dari ayat-ayat batiniah. | (uu).

Sumber :http://www.al-idrisiyyah.com/read/article/821/hikmah-dibalik-sakitnya-ustadz-jalaludin/

Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog Al-Idrisiyyah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger