Headlines News :
Home » » Buku Tasawuf: Jalan Menuju Tuhan

Buku Tasawuf: Jalan Menuju Tuhan

Written By Saimin Satoto on Senin, 17 Oktober 2016 | 09.14.00

al-idrisiyyah.com | Tasikmalaya - Mursyid Tarekat Al-Idrisiyyah Syekh Muhammad Fathurahman M.Ag telah menulis sebuah buku yang berjudul "Jalan Menuju Tuhan; Memahami dan Mengamalkan Islam secara Komperehensif dan Terpadu". 

Jalan Menuju Tuhan

Buku ini menjelaskan bahwa Islam itu merupakan agama yang SIMPATIK (Simpel, Mudah, Praktis, Komperehensif). Baca selengkapnya pada artikel yang berjudul Islam SIMPATIK.
Dalam buku ini menerangkan bahwa fungsi utama agama adalah memperkenalkan manusia kepada Allah Rabb Al'Alamin. Islam sebagai agama yang kokoh, sesuai dengan fitrah manusia dan rahmat bagi seluruh alam. Agama ini memiliki tingkatan atau rukun yang membimbing seluruh dimensi lahir dan batin untuk kemaslahatan dan keselamatan manusia di dunia akhirat. Rukun tersebut adalah Iman, Islam dan Ihsan.

Kemudian dalam buku ini juga menjelaskan bahwa Tasawuf lahir dari pengembangan keilmuan Ihsan yang bergerak di wilayah hati. Dengan kenyataan bahwa dimensi hati menyentuh seluruh aspek keilmuan, hati menjadi penentu seluruh arah ilmu pengetahuan. Konsekuensinya tanpa Taswuf, seluruh ilmu menjadi hampa, tak bernilai di sisi Allah SWT. Mereka yang mengabaikan Tasawuf berarti mendudukkan posisi ilmu menjadi bebas nilai dan pada akhirnya tidak berharga sama sekali alias sia-sia. Tidak hanya Nol (0), tapi bisa jadi malah minus alias bangkrut!

Tujuan diterbitkannya buku ini yaitu untuk menuntun pembaca tahap demi tahap menuju ke pemahaman mendasar tentang Islam, agama yang diturunkan Allah SWT. kepada para Nabi, Khususnya Nabi Muhammad SAW dan dilanjutkan kepada para pewarisnya hingga kini. Tahapan tersebut mengantarkan kita kepada praktik dari teori yang telah dipelajari. Praktik tersebut, tentu memerlukan pembimbing agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Plus, agar kita terhindar dari kerumitan yang tidak perlu.

KH. Munzir Tamam, MA. selaku mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Provinsi DKI Jakarta, menyampaikan "Mudah-Mudahan dengan terbitnya buku ini, dunia tasawuf yang selama ini dipandang mata sebelah, bahkan dianggap sebagai sempalan dan asing dari peri kehidupan Rasulullah SAW dan para sahabatnya, akibat kabut keraguan yang berhembus, kembali menjadi terang. Insya Allah".

Sandiaga Salahudin Uno, Social Entrepreneur mengungkapkan "Dalam banyak kesempatan saya menyampaikan mengenai kerja ikhlas sebgai hal yang penting selain kerjakeras, kerja cerdas dan kerja tuntas. Kerja ikhlas memang paling sulit dilakukan, termasuk saya juga masih perlu banyak belajar. Buku ini dapat menjadi referensi untuk mempermudah mencapai kerja ikhlas. Ditulis dengan pemahaman agama yang mendalam, buku ini cocok bagi muslim untuk mencapai keikhlasan. Dengan demikian kita tidak akan pernah berputus asa dalam hidup".

Buku ini diterbitkan oleh PT Gramedia Widiasarana Indonesia (GRASINDO) pada tanggal 3 Oktober 2016, dan dapat dijumpai di Toko Buku Gramedia terdekat di kota-kota di seluruh Indonesia. | (adib)

Sumber : http://www.al-idrisiyyah.com/read/article/903/buku-tasawuf-jalan-menuju-tuhan
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog Al-Idrisiyyah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger