Headlines News :
Home » » Penelitian Pendidikan oleh Mahasiswa S3 UIN Bandung

Penelitian Pendidikan oleh Mahasiswa S3 UIN Bandung

Written By Saimin Satoto on Kamis, 13 Oktober 2016 | 09.04.00

al-idrisiyyah.com | Tasikmalaya - Pada hari Senin (10/10/2016) Tarekat Al-Idrisiyyah menerima kunjungan dari Mahasiswa S3 UIN Bandung ysng merupakan dosen Fakultas Tarbiyah S1 UIN Bandung.

Penelitian Mahasiswa S3 UIN Bandung
Diskusi dengan mahasiswa UIN

Kunjungan 3 orang mahasiswa ini bertujuan untuk melakukan penelitian tentang sistem pendidikan dan manajemen pembiayaan pendidikan lembaga pendidikan.

Berkaitan dengan aspek management, ustadz Adang Nurdin selaku Kepala Divisi Pendidikan menyampaikan keterkaitan antara management professional dan management tarekat. Menurutnya management professional sangatlah penting untuk perkembangan management tarekat.
"Management tarekat memiliki khas yaitu posisi Syekh sebagai hakim dalam berbagai hal, syekh sebagai penentu kebijakan dari berbagai aspek termasuk dalam hal ekonomi, pendidikan dan sebagainya." ungkap ustadz Adang.

Setelah berdiskusi dengan kepala pendidikan Al-Idrisiyyah, para mahasiswa diajak berkeliling untuk melihat keadaan dan aktifitas di sekitar ponpes Al-Idrisiyyah.  Mereka diajak untuk melihat kondisi pembangunan masjid Al-Fattah dan ketika sampai ke kubah masjid mereka mengatakan bahwa mereka berasa berada di masjid Al-Aqsa, Palestina.
Setelah melihat keadaan masjid, para mahasiswa tersebut diajak melihat aktifitas BMT Al-Idrisiyyah dan Qini Mart.

Salah satu mahasiswa menyampaikan bahwa persepsi masyarakat pada umumnnya mengenai tarekat adalah selalu menghindari hal-hal duniawi. Berbeda dengan Tarekat yang lain, Al-Idrisiyyah dapat menyesuaikan management tarekat dengan management modern, contohnya tarekat Al-Idrisiyyah ini memiliki beberapa unit usaha seperti Qini Mart, Qini Vaname, Qini Bakery dan lain sebagainya, sehingga tidak heran pembangunan disekitar tarekat pun tidak terlalu mengandalkan bantuan dari luar seperti bantuan dari pemerintah dan donatur-donatur dari luar negri. | (uma)


Meninjau Qini Mart | Foto: Fahmu

Meninjau BMT | Foto: Deden Hidayatulloh

Sumber : http://www.al-idrisiyyah.com/read/article/898/penelitian-pendidikan-oleh-mahasiswa-s3--uin-bandung

Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog Al-Idrisiyyah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger