Headlines News :
Home » » 5 Tarekat Bekerja Sama Mengenalkan Tasawuf Kepada Umat

5 Tarekat Bekerja Sama Mengenalkan Tasawuf Kepada Umat

Written By Unknown on Minggu, 14 Februari 2016 | 09.32.00

al-idrisiyyah, Jakarta – Sekitar 85 peserta mengikuti pelatihan dasar tasawuf yang diselenggarakan oleh Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh Mu’tabaroh An-Nahdiyyah (JATMAN) DKI Jakarta, berlokasi di aula  mesjid Al Mubarak , Jl. Balai Pustaka baru I, Rawamangun , Jakarta Timur, Sabtu 4 Jumadil Awal 1437 H kemarin.

Mesjid yang menjadi pusat pergerakan TQN di Jakarta itu menjadi tuan rumah bertemunya para mursyid, ustadz, dan jamaah dari berbagai tarekat di Indonesia. Sebut saja ada tarekat Tijaniyyah, Kholwatiyyah, Idrisiyyah, Syatariyyah, Sadziliyyah dan Qodiriyyah Naqsabandiyyah Suryalaya.

Pelatihan dasar tasawuf yang mengusung tema “Melalui Metoda Tasawuf Kita Dukung Revolusi Mental Bangsa” itu mengetengahkan materi yang di sampaikan melalui beberapa sesi pemaparan, dan sejak pukul 8 pagi (Sabtu,13/2) sesi pertama dipaparkan tentang hakikat manusia dan hakikat kehidupan. Lalu dilanjutkan dengan pengenalan seputar JATMAN.

KH. Baden Badruzzaman, Mudir Awwal Idaroh Wustho Jatman DKI mengatakan bahwa Jatman adalah sebuah badan otonom yang ada di NU, “ Didalam NU itu ada 3 bagian utama yaitu badan otonom, Lajnah, dan lembaga, maka Jatman adalah 1 dari 12 badan otonom yang ada di NU”. Jelas Kiyai Baden kepada al-idrisiyyah.com

Menurut penuturannya, pelatihan dasar tasawuf ini ditujukan bagi jamaah tarekat yang berada dibawah keanggotaan JATMAN, “ Dan ini adalah program rutin dari bagian pendidikan dan dakwah JATMAN, kali ini untuk merevolusi mental manusia dengan metode tasawuf”, Jelasnya lagi.

Dari sekian tarekat yang di undang hadir, pemateri yang berkesempatan memaparkan dasar tasawuf diantaranya KH. Drs. Muhammad Yunus dari Tarekat Tijaniyyah yang memaparkan tentang ‘tasawuf, tarekat dan maqomat fii Dinul Islam’, sedangkan Ustadz Ahmad Faqih dari tarekat Al-Idrisiyyah menjelaskan tentang ‘Hakekat, Martabat Kenabian dan Kewalian’.

Pelatihan kali ini pun sekaligus dilakukan pergantian dan pembentukan daerah kerja idaroh Wustho yang pengurusnya gabungan dari tarekat-tarekat yang hadir hari itu. Daerah kerja dibagi 5 wilayah yaitu Jakarta wilayah timur, selatan, utara, barat dan pusat.

KH. Badruzzaman mengatakan bahwa pelatihan tasawuf dasar vol.2 akan di selenggarakan di wilayah pusat , “ Insya Allah jika bersedia, lanjutan dari pelatihan tasawuf dasar ini akan di gelar di Tarekat Al-Idrisiyyah cabang Jakarta (pusat)”, tuturnya kepada al-idrisiyyah.com (rz)

Sumber : http://www.al-idrisiyyah.com/read/article/628/5-tarekat-bekerja-sama-mengenalkan-tasawuf-kepada-umat
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog alidrisiyyah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger